Home / BERITA / HUT POLWAN : Polwan Polres Tegal Peduli Kelestarian Alam

HUT POLWAN : Polwan Polres Tegal Peduli Kelestarian Alam

Polda Jawa Tengah – Banyak cara dalam menjaga kelestarian alam, salah satunya mencabut paku yang menancap  di pohon. Dalam memperingati HUT Polwan ke 68, anggota Polwan Polres Tegal adakan giat peduli kelestarian alam dengan mencabut paku yang menancap di pohon yang berada di pinggir jalan Ahmad Yani Slawi, Jumat (2/9/2016).

Kegiatan tersebut diawali dari Monumen GBN Slawi, jalan Ahamad Yani hingga sampai jalan Imam Bonjol dengan pelajar SMA 3 Slawi yang tergabung dalam Pecinta Alam SMA N 3 Slawi (PALAGRI). Sejumlah 100 orang termasuk para pelajar dan para Polwan Polres Tegal mencabut paku yang menancap di pohon.

Sejak pukul 07.00 wib anggota Polwan Polres Tegal dilaksanakan arahan di Polres Tegal untuk kegiatan pembagian helm dan mencabut paku yang menancap di pohon. Kegiatan cabut paku di pohon bertujuan menjaga kelestarian alam. Selain itu, aktivitas tersebut menanamkan kepedulian masyarakat, terutama para pelajar, terhadap alam sejak dini.  Manfaat lain ialah mempertahankan Adipura Kabupaten Tegal.

Berbagai ukuran dan jenis paku dikumpulkan, paku paling besar berukuran jari kelingking dengan panjang sekitar 10 centimeter. Tidak hanya paku, peserta juga melepas kawat dan batang bambu sisa spanduk dan poster.

Paku yang telah dicabut dari pohon lantas dikumpulkan dalam botol. Diperkirakan, paku dan kawat yang terkumpul sekitar lebih dari satu kilogram. Bripda Erika menyatakan prihatin dengan banyaknya paku yang menancap di pohon. Menurut dia, pohon juga makhluk hidup. Paku tersebut membuat pohon sakit hingga mengganggu pertumbuhan.

[Anas – Humas Polres Tegal]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *